PROFIL NURSING HOME WULAN (GRIYA WULAN BAHTERA)


Visi

Terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan dengan meningkatan kualitas hidup para warga usia lanjut (lansia) atau warga lain yang membutuhkan bantuan jasmani dan rohani melalui asuhan keperawatan.

Misi

Untuk mendukung terwujudnya Visi Griya Wulan Bahtera, sebagai berikut:
1. Melaksanakan pelayanan perawatan Lanjut Usia sesuai dengan norma, prosedur dan standar pelayanan.
2. Melaksanakan pelayanan perawatan yang akuntabel, transparan, efektif dan efisien.
3. Melaksanakan perencanaan program dan kegiatan dalam meningkatkan pelayanan perawatan Lanjut Usia yang efektif dan efisien.

1. Latar Belakang
Bertambah umur atau menjadi tua merupakan proses kehidupan manusia yang berjalan alamiah, tidak bisa ditawar, ditolak dimana mau tidak mau atau suka tidak suka harus diterima dan dihadapi oleh semua orang yang dikaruniai Tuhan usia panjang. Dalam proses menua tersebut sering diiringi oleh datangnya berbagai perubahan-perubahan degeneratif seperti: pikun, mata menjadi rabun, berkurangnya pendengaran, gerakan tubuh menjadi semakin lambat dan lemah. Disamping itu sering disertai dengan timbulnya beberapa penyakit-penyakit degeneratif pada lansia seperti darah tinggi, diabetes, jantung lemah, osteoporosis, asam urat dll. Hal ini cukup menjadi beban serta memperberat kehidupan para lansia, kalau sebelumnya tidak dipersiapkan segala sesuatunya sebelum datangnya masa lansia. Tidak sedikit para lansia (orang sakit) yang sudah keluar dari Rumah Sakit tetapi sebenarnya masih memerlukan perawatan khusus misalnya: tidak bisa berjalan, makan masih harus melalui sonde, pemasangan kateter urine sementara keluarganya tidak mampu mengurus / sibuk / tinggal di lokasi yang berbeda (luar daerah/ negeri).

Dengan berbagai persoalan diatas, para warga lansia ini juga akan menghadapi masalah-masalah dalam menjalani hidup sehari-hari seperti: kesulitan berjalan, masalah buang air besar, buang air kecil, mandi, makan, minum dll, dimana sering kali sangat membutuhkan bantuan dari pihak lain agar tetap menjalani hidup yang normal serta dapat memperoleh kwalitas kehidupan yang lebih baik.

Dalam era globalisasi, kebanyakan anak/ keluarga bekerja sehingga mereka kurang mempunyai waktu untuk memberikan pelayanan dan perawatan pada orang tua yang sudah lanjut usia.

Sungguh beruntung bagi para lansia yang mendapatkan kasih sayang dan perawatan yang baik dari anak atau keluarganya sendiri, sehingga mereka mendapatkan perawatan dan kasih sayang yang memadai. Namun sebagian lansia terkadang harus menerima kenyataan harus berpisah dengan anak-anak yang berada jauh, maupun sibuk bekerja sehingga harus dipercayakan (diurus) kepada pihak ke tiga. Sebagian lansia lainnya mengalami nasib yang kurang beruntung dimana mereka tidak memiliki siapa-siapa dan apa-apa baik keluarga maupun financial, sehingga jangankan dirawat oleh anaknya sendiri, tapi tinggal di Panti Werdha pun mereka tidak memungkinkan.

2. Sejarah Singkat
Nursing Home Kanopi Wulan Bahtera diresmikan pada tanggal 11 November 2011; didirikan oleh 5 (lima) orang Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Angkatan 1972

Dalam perjalanannya, untuk pengembangan lebih lanjut, maka sejak tanggal 8 November 2014, Griya Wulan Bahtera dialihkan menjadi milik Yayasan KELUNI FKUI 72-73 yaitu Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Angkatan tahun 1972-1973.

3. Tujuan
Griya Wulan Bahtera yang beralamat dijalan Perikani III No. 27-28 Rawamangun Jakarta Timur, didirikan dengan tujuan untuk :
- Melakukan asuhan keperawatan terutama terhadap para warga usia lanjut yang mengalami keterbatasan fisik (sakit) dimana pihak keluarga tidak mampu/ berhalangan (dengan berbagai alasan).
- Untuk memberikan asuhan perawatan yang sebagaimana mestinya. Tidak hanya terbatas pada warga usia lanjut saja,
- Memberikan solusi dengan menawarkan pelayanan bagi warga usia lanjut yang mengalami berbagai penyakit Geriatri atau juga pasien yang belum berusia lanjut yang menderita sakit yang membuatnya tidak mandiri, namun sudah tidak memerlukan lagi bantuan medis rawat inap, maka mereka dapat tinggal menetap atau pun sementara di Nursing Home untuk mendapatkan asuhan keperawatan yang baik dan profesional.
- Dalam pelayanannya didukung oleh staf-staf perawat yang profesional dan telah memiliki pengalaman dibidangnya.

Nilai yang Dianut
MOTTO “it’s not just a home, it’s a home full of affection”, maka Griya Wulan Bahtera mengutamakan kasih dalam melakukan asuhan keperawatan terhadap para penghuninya. Para Penghuni yang diterima tidak berdasarkan golongan, ras dan agama tertentu.

4. Kegiatan Pelayanan
Para penghuni Griya Wulan Bahtera bukan hanya mendapatkan pelayanan berupa pendampingan oleh tenaga care giver dan perawat, tetapi juga setiap hari akan diadakan kegiatan-kegiatan positif bagi pemenuhan kebutuhan rekreasi dan rohani sehingga mereka dapat melalui hari-hari dalam situasi yang menyenangkan dan bahagia. Adapaun kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di Nursing Home adalah :
a. Perawatan dan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari
b. Perawatan harian
c. Pemenuhan Gizi
d. Senam Lansia
e. Fisioterapi
f. Agenda rutin: Penyuluhan kesehatan; sharing sesama penghuni
g. Terapi Aktivitas Kelompok (T.A.K)
h. Pelayanan Doa: Pelayanan Pastor, pendeta, ustadz, dll

Menghadirkan Perawat Professional untuk merawat, menemani pasien dan menggantikan tugas keluarga dalam menjaga pasien, baik dirumah maupun dirumah sakit.

Pekerjaan yang ditangani oleh Perawat Home Care seperti :
• Pemasangan catheter
• Pemasangan Selang Makan (NGT)
• Nebulizer (Inhalasi / Penguapan)
• Oksigen
• Suntik Insulin
• Perawatan Luka
• Dll.

5. Fasilitas Griya Wulan Bahtera
a. Kamar Penghuni/ Perawatan :
Tipe kamar yang disediakan ada tiga:
• 6 (Enam) Kamar Standard
• 4 (empat) Kamar VIP
• 3 (Tiga) Kamar Couple
b. Fasilitas Kamar
• Kamar memakai AC
• Kamar mandi didalam
• Tersedia Water Heater
c. Perlengkapan :
• Hospital Bed
• Kasur Dekubitus
• Oxygen
d. Ambulance
e. Sewa Kamar Perawatan.
• Paket bulanan
• Per hari bila ada kamar kosong.

Catatan:
Sudah termasuk dalam Harga kamar: sewa kamar, AC dan kamar mandi di dalam + water heater, makan 3 x sehari, snack 2 kali sekali, laundry, asuhan keperawatan. Bagi penghuni oleh karena kondisi kesehatannya memerlukan jasa perawat / care giver pribadi, maka ada biaya tambahan yang akan dibebankan.

6. Kepengurusan Griya Wulan Bahtera
Pengelolaan dan pengawasan Griya Wulan Bahtera, dibawah Yayasan KELUNI FKUI 72-73 (Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia angkatan tahun 1972-1973).
Griya Wulan Bahtera didirikan berdasarkan Akte Notaris Irmadewi Gunawan, SH, M.Hum nomor 5 tanggal 3 Agustus 2011. Yayasan Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 72-73 (YAYASAN KELUNI FKUI 72-73) Didirikan berdasarkan Akta Notaris Dewi Tenty Septi Artiany, SH,Mk,Kn nomor 20 tanggal 24 Oktober 2015.

ALAMAT: Jl.Pesantren RT 004/003, Kelurahan Jurangmangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Telp./ Fax : 021- 73662859 - Hp.0816.1934.777 - Hp. 0812.9164.9181 | e-mail : griya_kanopi@yahoo.co.id

7. Persyaratan Umum Penghuni Nursing Home Wulan
a. Menerima laki-laki atau perempuan
b. Kelompok usia lanjut (minimal 50 tahun), kecuali apabila ditentukan lain oleh pengurus
c. Tidak mengidap penyakit-penyakit menular, seperti TBC, Hepatitis, dll.
d. Calon penghuni masuk Kanopi Wulan Bahtera atas kemauan sendiri, bukan paksaan pihak keluarga.
e. Tidak menerima calon penghuni yang perokok, peminum alkohol dan pemakai Narkoba.
f. Calon penghuni mempunyai penanggung jawab finansial (keluarga penghuni)
g. Calon penghuni dengan kondisi sakit atau memerlukan perawatan khusus, harus mempunyai Resume dari dokter yang merawat di Rumah Sakit atau dokter pribadi sesuai dengan kondisi sekarang.
h. Bila penghuni dalam kondisi sakit darurat, maka pihak Kanopi Wulan Bahtera akan menghubungi pihak keluarga / sponsor. Bila tidak dapat dihubungi, maka pihak Kanopi Wulan Bahtera diberikan wewenang untuk mengambil segala tindakan untuk menyelamatkan jiwa penghuni.
i. Melengkapi prosedur penerimaan sebagai berikut :
- Fotocopy KTP calon penghuni : 2 lembar.
- Fotocopy Kartu Keluarga : 1 lembar.
- Fotocopy KTP Penanggung Jawab : 2 lembar
- Pasfoto berwarna penghuni, ukuran 3 x 4 cm : 2 lembar